KOMPOSISI POSTER YANG BAIK




Poster adalah sebuah pesan yang singkat,padat, dan jelas berisi informasi untuk masyarkat banyak. Apakah di zaman sekarang ini poster sudah tidak terpakai lagi ? tentu saja tidak. Dizaman sekarang ini, poster sangat penting bagi informasi untuk masyarakat melalui cetakan ataupun digital.
Poster yang menarik atau pun bagus sangat berpengaruh kepada masyarakat yang melihat, mudah informasi itu masuk atau lambat juga tergantung pada desain poster tersebut. Dan berikut lah kriteria poster yang baik menurut saya.


1.     WARNA
Warna merupakan bagian penting pada poster, karena warna adalah hal pertama yang terlihat oleh mata. Jadi warna mempunyai pengaruh apakah si penglihat mau melanjutkann membaca poster nya atau engga.

2.      FONT/HURUF
Font merupakan hal penting untuk informasi. Kejelasan font akan mempengaruhi si pembaca untuk menyerap informasi lebih mudah. Jadi pilih lah font yang mudah untuk di baca dan font yang pas digunakan pada tempatnya.

3.      INFORMATIF
Poster harus berisi informasi yang singkat,padat, dan jelas. Jangan membuat poster dengan bahasa yang “bertele-tele”.

4.      ESTETIKA
Tentu saja unsur estika juga menjadi nilai plus pada sebuah poster, agar pembaca bisa dengan nyaman melihat poster itu. Dengan komposisi warna,font dan informatif akan mejadikan poster anda sempurna. Dan estetika berasal dari kreatifitas si kreator pada tahap pembuatan.


Komentar